Bahaya Maag

Penyakit Maag mungkin sudah gak asing lagi di telinga manusia.

Penyakit Maag atau di dunia medis disebut dengan gastritis merupakan penyakit yang terjadi pada gangguan lambung. Tingkatnya asam lambung dalam waktu yang lama akan beresiko Penyebab Penyakit Maag terjadi pada radang lambung atau tukak lambung sehingga penderita akan mengalami rasa sakit pada lambung dan ulu hati yang biasanya disertai rasa mulas dan perih.

Penyakit maag adalah luka atau borok yang menyakitkan pada lapisan lambung atau bagian pertama dari usus kecil—yang disebut duodenum.

Kalau Sahabat Royal adalah penderita maag ini tandanya Sahabat Royal harus segera menjaga pola makan dan kesehatan lambung agar maag tersebut tidak berubah menjadi maag akut, maag kronis, lambung bocor, kanker lambung bahkan kematian

Nah sedikit cerita, Minah juga lagi dimasa pengobatan akibat ulah si asam lambung. Dokter, rumah sakit, obat, selang udah jadi sahabat Minah 2 bulan yang lalu. Berat badan turun drastis lebih dari 10 kg. Tabungan pun terkuras demi menebus biaya untuk kembali sehat. Ingat ya Sahabat, sehat itu mahal makanya yang masih sehat dijaga kesehatannya

Apa penyebab seseorang bisa terkena penyakit maag sebegitu parahnya?
Biasanya maag dimualai dari stress berat sampai hilang nafsu makan, akhirnya maag yang memang sudah ada dan sering kambuh pun bertambah parah.

Nah Sahabat Royal, kalian tau gak apa aja sih penyebab dan pemicu maag?
Berikut adalah pemicu penyakit maag :
1. Masalah Psikologi (cemas dan stress)
2. Kafein (kopi, teh hitam, cokelat)
3. Alkohol
4. Makan tidak teratur
5. Infeksi bakteri Helicobacter pylori
6. Efek samping penggunaan obat anti-inflamasi nonsteroid (misalnya ibuprofen dan aspirin) dan obat golongan nitrat
7. Penyakit refluks gastroesofagus (pergerakan balik asam lambung menuju kerongkongan)
8. Makan terlalu cepat
9. Mengonsumsi makanan berminyak, asam, berlemak, dan pedas

Apa gejalanya?
1. Nyeri ulu hati atau terasa terbakar pada perut bagian atas yang dapat membaik atau memburuk setelah makan.
2. Perut kembung
3. Perasaan penuh di perut bagian atas setelah makan
4. Mual
5. Muntah
6. Tidak nafsu makan

Jika berat dapat disertai muntah darah warna hitam (hematemesis) atau Buang air besar dengan warna hitam (melena) pula yang menandakan adanya tukak atau borok pada lambung hingga menimbulkan pendarahan.

Lalu, Gimana caranya supaya maag gak jadi semakin parah dan akut?

  1. Makan teratur, sedikit tapi sering.
    Usahakan bagi penderita maag minimal 1 (satu) atau 2 (dua) jam sekali kita wajib makan / snacking. Kenapa? Saat Lambung sudah sudah terluka dan tidak ada makanan yang harus digiling maka si lambung akan menggiling dirinya sendiri. Pergesekan itulah yang menyebabkan lambung terluka parah.
  2. Jauhi Kafein
    Sahabat Royal, selain kopi ternyata teh hitam dan cokelat pun mengandung kafein loh. Kurangi ya, kalo maagnya udah lumayan menyakitkan hilangkan dahulu 3 minuman ini demi kesehatan lambung.
  3. Jauhi makanan dan minuman pemicu gas lambung
    Kol/kubis, asparagus, apel, persik, pir, makanan mengandung karbohidrat, susu dan olahannya serta minuman yang mengandung soda.
  4. Jauhi alkohol
    Dalam agama Islam alkohol dilarang karena banyak efek buruk untuk tubuh. Maka dari itu Sahabat Royal, jauhi alkohol ya demi kesehatan lambung.
  5. Hindari cemas dan stress berlebihan
    Saat terlalu cemas dan stress tubuh langsung mengirim sinyal “gak nafsu makan”. Nah sekarang kalo udah mulai cemas dan stress segera cari kegiatan yang menyenangkan ya Sahabat! Olahraga misalnya.

Mulai sekarang jangan lupa ya jaga kesehatan Sahabat Royal!
Sehat itu MAHAL.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *