Manfaat Bawang Putih

Bawang Putih. Adalah salah satu jenis rempah yang memperkaya cita rasa masakan, aroma dan rasa yang kuat akan membuat masakan lebih nikmat. Tanpa bawang putih mungkin masakan kurang menggugah selera.

Bawang putih mengandung banyak mineral penting yaitu yodium, kalsium, zat besi serta belerang yang mampu melawan dan memerangi beberapa hal yang mengganggu metabolisme tubuh.

Tak hanya berfungsi untuk bumbu masakan ternyata banyak manfaat lain yang bisa didapat dari bawang putih karena kandungan mineral mineral penting yang terkandung di dalamnya. Apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi bawang putih?

  1. Mencegah kanker

Senyawa sulfur bioaktif pada bawang putih diyakini dapat menganggu pertumbuhan sel kanker. Dengan kandungan tersebut para peneliti percaya bawang putih dapat membunuh sel sel kanker. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Cancer Association ini juga mengungkap bahwa bawang putih tak memberikan efek samping saat membunuh sel kanker. “Zat dalam bawang putih yang bernama diallyl sulfide (DAS), diallyl disulfide (DADS) dan diallyl trisulfide (DATS) memberikan perlindungan terhadap karsinogen,” ungkap peneliti, seperti dilansir oleh Daily Health Post (05/03).

  1. Mengobati jamur di tubuh

Kandungan belerang / sulfur yang terkenal dapat membasmi jamur jamur di tubuh ternyata ada di dalam bawang putih. Cara penggunaannya pun mudah yaitu dengan mengiris bawang lalu dioleskan pada daerah yang terkena jamur.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Bawang putih mengandung zat polisulfida, zat ini terbukti mampu mengendalikan tekanan darah pada penderita hipertensi. Menurut sebuah jurnal ilmiah polisulfida mampu melegakan dan membuka pembuluh darah supaya tidak mendapat tekanan terlalu besar.

  1. Membasmi kolesterol jahat

Penelitian telah menemukan bahwa bawang putih dapat menurunkan kolesterol dan membantu mengurangi kekakuan darah – untuk menjaga agar darah tetap mengalir normal dan mencegah penggumpalan darah.

  1. Mengobati infeksi paru paru

Sifat anti bakteri dan anti mikroba akan melawan kuman, bakteri, dan mikroba yang menjadi penyebab infeksi paru-paru.

  1. Mencegah demensia

Mengkonsumsi bawang putih dalam jumlah banyak terbukti dapat meningkatkan enzim antioksidan pada tubuh, hal ini akan mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif sehingga dapat mencegah demensia.

  1. Mencegah penyakit jantung

Dari The Journal of Nutrition mengumumkan sebuah penelitian menyatakan mengkonsumsi bawang putih mentah bisa mengurangi penumpukan plak pada arteri koroner yaitu arteri yang memompa darah ke jantung.

  1. Membantu meredakan peradangan jerawat

Bawang putih juga dapat mengurangi peradangan jerawat. Oleskan irisan bawang putih pada jerawat yang meradang.

  1. Menghilangkan sakit gigi

Sakit gigi umumnya disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Nah, anti-bakteri pada bawang putih akan segera membasmi. Dan juga kandungan analgesiknya ampuh untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi akibat sakit gigi.

  1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Enzim alami yang terdapat pada bawang putih terbukti dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *